Pages

Thursday, February 10, 2011

Siraman Adat Banjar

Sehari sebelum Akad Nikah, di rumah mempelai wanita diadakan Upacara Siraman.
karena Mama & Ayah keturunan Banjarmasin, maka jadilah prosesi Siraman ku itu pake Adat Banjar.

Dan.. berikut prosesinya...
(maaf yaa.. karena g tau judul prosesinya, jadi aq jelaskan aja dengan kalimat, next time aq akan share judul langkah2 nya setelah anya2 ke periasnya.. hihihiii..)

Prosesi 1
(Calon Pengantin putri dirias, biasanya sebelum Siraman, diadakan upacara "Bainai", tapi karena ribet ntar kebanyakan acara, aq bainai nya g pake pesta, cukup sendiri sama mbak-mbaknya aja di kamar.. hehe..). Oya, sambil dirias ini, ibu diluar udah dimulai pengajiaannya, biasanya baca ayat suci al Qur`an + sholawatan, dan mestinya juga baju yang dipakai harusnya warna kuning, tapi karena krg bagus di aq, jd aq request orange aja.. hihiiii..


Prosesi 2
Setelah dirias, kemudian aq kluar kamar ditemenin mama dan perias, prosesi pun dimulai, jadi pertama, ada prosesi menghilangkan bulu-bulu halus di muka dengan silet, tujuannya sih biar wajahnya bercahaya. (sebenernya si proses "pengerikan" ini dilakuin pas aq dandan, karena butuh waktu lama, yg difoto ini cuma formalitas aja.. :p)



Prosesi 3
Berikutnya, acara inti yaotu siraman, jadi aq dibawa menuju tempat siraman, dan di sirim bergantian oleh orang tua, nenek-kakek, budhe-budhe, dan undangan yang dianggap dituakan yg penting jumlah orangnya harus ganjil. Nanti si penyiram itu akan diberi souvenir khusus dari aq. pada akhir sesi siraman, aq harus wudhu dengan air yang dikucurin sama Mama & Ayah.




Prosesi 4
Setelah selesai Siraman, aq ganti baju yang udah disiapkan (kembaran loh dengan mama, kak lia n Nayla), kemudia berlanjut ke prosei berikutnya (aq g tau namanya apa), yang jelas mama, ayah, dan ninik, masing-masing gantian ciprat-cipratin air kembang pake daun pandan ke ubun-ubun, tangan dan kaki.


Prosesi 5
Berikutnya, mama dan kak lia gantian muterin kaca dan lilin di hadepan aq sampe 3 kali, dan tiap kaca nya nglewatin aq, aq diminta untuk ngelirik mukaku dikaca bentar aja, trus setelah 3 x lilinnya aq tiup dan bekas apinya itu sama perias diolesin ke ubun-ubun aq. (mestinya abis proses ini sampe hari H aq udah g boleh liat kaca lagi, katanya ntar cantiknya ilang.. hmm.. ada-ada aja..)


Prosesi 6
Setelah itu, ini dia bagian yang ditunggu,Memilih Kue!! yippiiee.. selama prosesi didepanku itu ada ber aneka ragam kue, dan pada sesi ini aq disuruh milih 2 kue, yang nantinya bisa mencerminkan pernikahanku. karena aq udah tau artinya, jadi aq milih kue Bingka dan kue ketan yang artinya nanti pernikahanku akan penuh yang manis-manis dan selalu lengket.. (Amieennnn....). Kemudian kue itu secara bergantian aq suapin ke mama, ayah, kak lia dan adekQ Azis.




Prosesi 7
Ini Prosesi terakhir, yaitu berdoa. semoga pernikahanku ini barokah, dan semua acara lancar.. Amienn...





Okayyyy... jadi seprti itu prosesi Siraman Adat Banjar, semoga bermanfaat buat yang mau pake proses ini.
Aq bener-bener bersyukur semua acara kemaren berjalan lancar, selain karena rezeqi dan ridho dari ALLAH SWT, juga karena kerja keras Mama dan Ayah yang selalu emncintaiku.. I Love U so much Mom & dad...






No comments:

Post a Comment